KTT ASEAN di Myanmar akan menjadi KTT ASEAN terakhir yang dihadiri Presiden Yudhoyono selaku Presiden Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyampaikan harapan dan juga refleksi kemajuan ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi perhimpunan negara Asia Tenggara itu akhir pekan ini di Myanmar.

Staf Khusus Presiden bidang hubungan internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan persnya, Jumat, mengatakan KTT di Nay Pyi Daw, Myanmar 2014, adalah KTT ASEAN terakhir yang dihadiri Presiden Yudhoyono.

"KTT ASEAN di Myanmar akan menjadi KTT ASEAN terakhir yang dihadiri Presiden Yudhoyono selaku Presiden Indonesia. Kiranya Presiden Yudhoyono akan memanfaatkan kehadirannya untuk memberikan kilas balik capaian ASEAN dalam 10 tahun terakhir, berangkat dari kesertaannya dalam setiap KTT," kata Faizasyah.

Dia menambahkan,"selain itu Presiden Yudhoyono juga akan menyampaikan harapannya bagi keberlanjutan kohesivitas di dalam ASEAN di tengah berbagai tantangan yang mengemuka di masa kini dan masa datang."

Presiden dijadwalkan berangkat ke Myanmar pada 10 Mei 2014 dan tiba kembali di Jakarta 12 Mei mendatang, untuk menghadiri Sidang Pleno dan Retreat bersama para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN guna membahas berbagai isu regional dan global strategis yang menjadi perhatian ASEAN.

"Pertemuan tersebut tentunya akan juga mendengarkan paparan Sekjen ASEAN mengenai kemajuan kesiapan negara-negara anggota ASEAN dalam mencapai Komunitas ASEAN 2015," kata Faizasyah.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014