Dengan mengucap syukur setelah beberapa hari ini melewati serangkain tes kesehatan maupun rohani terhadap dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Jokowi-JK, Prabowo-Hatta), melalui sidang pleno maka diputuskan hasilnya diserahkan kepada
Jakarta (ANTARA News) - Dokumen hasil pemeriksaan kesehatan terhadap dua pasangan calon presiden-cawapres Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta resmi diserahkan dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) ke Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat malam.

"Dengan mengucap syukur setelah beberapa hari ini melewati serangkain tes kesehatan maupun rohani terhadap dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Jokowi-JK, Prabowo-Hatta), melalui sidang pleno maka diputuskan hasilnya diserahkan kepada ketua IDI yang akan dilanjutkan untuk diserahkan ke KPU," ujar Kepala RSPAD Gatot Subroto Ditkesad Brigadir Jenderal TNI dr Douglas S Umboh di RSPAD Jakarta, Jumat.

Sementara itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Zaenal Abidin, MH Kes, mengatakan dokumen hasil penilaian rohani dan jasmani capres-cawapres yang terdiri dari Jokowi-Jk dan Prabowo-Hatta agar digunakan sebagaimana mestinya oleh KPU dalam mengambil kesimpulan terkait kesehatan maupun fisik.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menyatakan siap untuk menerima seluruh dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dan rohani dua pasang capres-cawapres yang berlangsung pada 22 hingga 23 Mei 2014.

"Dan selanjutnya akan kami pergunakan untuk mengambil kesimpulan terhadap kesehatan dan rohani capres-cawapres. Secara resmi dokumen ini saya terima," ujar dia.

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, selama kurang lebih sepuluh jam sejak pukul 06.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

"Saya sendiri dengan Pak Hatta Rajasa baru saja, hari ini dari sejak tadi pagi menjaankan pemeriksaan yang cukup lengkap, 14 jenis, 10 jam hanya ada jeda sebentar untuk sholat Jumat dan makan siang," ujar Prabowo Subianto di RSPAD, Jakarta, Jumat.
(A063/T007)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014