Paris (ANTARA News) - Roger Federer memulai keikutsertaannya yang ke-16 secara beruntun di Prancis Terbuka dengan kemenangan 6-2, 6-4, 6-2 atas petenis Slowakia Lukas Lacko pada Minggu.

Petenis Swiss berusia 32 tahun, yang hanya memenangi satu gelar turnamen di Paris itu pada 2009, ditonton langsung oleh istrinya Mirka dan kembar Myla dan Charlene, tapi tidak oleh kembar keduanya Lenny dan Leo yang baru berusia tiga pekan.

Kemenangan pada Minggu itu juga merupakan kemenangannya yang ke-59 di Roland Garros, menyamai juara delapan kali Rafael Nadal, yang spesialis menang turnamen itu.

Federer tidak pernah mendapat kesulitan berarti dari Lacko, petenis peringkat 88 dunia yang tidak pernah memenangi pertandingan di lapangan tanah liat selama tiga tahun.

Mencuri angka servis lawan pada game kelima dan ketujuh pada set pertama, dan diikuti lagi pada game ketiga set kedua, membuat juara 17 kali turnamen utama itu dalam posisi memegang kendali.

Federer mencuri angka servis lagi pada game pertama dan kelima set ketiga untuk memastikan kemenangan hanya dalam waktu 84 menit.

Pada pertandingan berikutnya Federer akan menghadapi petenis Portugal Gastao Elias atau Diego Sebastian Schwartzman dari Argentina untuk memperebutkan tempat di 32 besar.

Pada babak kedua, Federer didampingi oleh petenis Kanada unggulan delapan Milos Raonic, yang melepaskan 27 "ace" dalam kemenangan 6-3, 7-6 (7/1), 6-3 atas petenis muda Australia Nick Kyrgios.

Raonic, semifinalis di Roma dan mencapai delapan besar di Madrid, pada pertandingan berikutnya akan menghadapi Lukas Rosol atau Jiri Vesely, rekan setim Piala Davis Ceko.

Unggulan ke-15 asal Rusia Mikhail Youzhny memerlukan lima set untuk menyisihkan petenis Spanyol Pablo Carreno Busta, 3-6, 1-6, 6-3, 6-4, 6-0, demikian AFP

(Uu.I015/A008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014