Pesawat Kepresidenan, Amerika Serikat (ANTARA News) - Gedung Putih, Rabu, mengatakan akan meningkatkan dukungan untuk oposisi Suriah di tengah-tengah laporan bahwa pihaknya berencana memulai pelatihan terhadap pihak oposisi moderat.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan kepada wartawan di pesawat kepresidenan bahwa Washington akan "meningkatkan dukungan untuk pihak oposisi moderat."

Carney tidak memberikan rincian bantuan Amerika Serikat yang diperluas itu, menjelang pidato kebijakan luar negeri di akademi militer West Point lokasi Presiden Barack Obama diperkirakan akan membahas masalah ini .

Secara resmi , dukungan AS terhadap oposisi Suriah telah terbatas pada bantuan non - mematikan sebesar 287 juta dolar, meskipun CIA dilaporkan berpartisipasi dalam sebuah program rahasia untuk melatih oposisi moderat di Yordania .

Pemimpin oposisi sangat kecewa bahwa Amerika Serikat telah menolak keras memberikan pesawat anti-rudal untuk oposisi, takut jika peralatan itu jatuh ke tangan yang salah .

The Wall Street Journal, Selasa, melaporkan bahwa Obama siap untuk menyetujui misi pelatihan terhadap kelompok oposisi yang dipilih, untuk melawan peningkatan kekuatan ekstremis Al-Qaida, demikian AFP.

(G003/H-AK) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014