Abidjan (ANTARA News) - Presiden Pantai Gading, Alassane Outara, menjanjikan kepada para pemain timnas untuk menggandakan bonus kemenangan mereka apabila mampu mengalahkan Yunani, demikian Federasi Sepak Bola Pantai Gading (FIF), pada Senin.

Tim berjuluk Les Elephants itu berpeluang memastikan tiket ke babak 16 besar dengan mengalahkan Juara Eropa 2004 di Fortaleza, Rabu (26/6) pagi WIB.

Ketua parlemen Pantai Gading, Guillaume Soro, menyampaikan kabar soal insentif itu kepada para pemain saat ia mengunjungi markas latihan tim di Sao Paulo, Brasil.

Saat ini tiap pemain memiliki bonus kemenangan 16 juta franc Afrika Tengah atau setara 24.400 dolar AS, namun akan digandakan menjadi 32 juta franc Afrika Tengah apabila berhasil menghadapi Yunani, tulis FIF di situs resmi mereka.

FIF menambahkan bahwa inisiatif itu ditujukan untuk memberi timnas Pantai Gading motivasi tambahan mencapai babak gugur untuk kali pertama sepanjang sejarah.

"Perlihatkan determinasi dan kalian akan berhasil," kata Soro kepada para pemain.

Saat ini Pantai Gading berada di peringkat dua Grup C dengan mengemas tiga poin setelah kemenangan 2-1 atas Jepang disusul kekakalahan dengan kedudukan serupa dari Kolombia.

Hasil imbang seharusnya sudah lebih dari cukup untuk membuat mereka lolos ke babak 16 besar, dengan catatan Jepang tidak mengalahkan Kolombia di laga pamungkas, sedangkan kekalahan membuat Pantai Gading tersingkir.

Sementara nominal tersebut tidak akan berpengaruh banyak untuk pemain-pemain seperti bintang Manchester City Yaya Toure dan penyerang Galatasaray Didier Drogba, yang keduanya diperkirakan memperoleh lebih dari nominal bonus itu dalam seminggu di klubnya, hal berbeda dirasakan oleh penjaga gawang cadangan Sylvain Gbohouo, satu-satunya anggota timnas Pantai Gading yang masih merumput di tanah kelahirannya, demikian AFP.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014