Tiga orang lainnya, yakni sopir, balita, dan anak kecil tidak bisa dikeluarkan. Karena api sudah membesar dengan cepat membakar seisi mobil dan pintu mobil tidak bisa dibuka,"
Magelang (ANTARA News) - Sebanyak empat orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sebuah minibus dan bus di jalan raya Magelang-Yogyakarta tepatnya di sekitar Jembatan Lamat Muntilan Kabupaten Magelang, Kamis.

Kejadian bermula minibus berpenumpang lima orang tersebut terbakar setelah oleng menabrak pot jalan dan ditabrak bus Handoyo bernomor polisi AA 1509 AA. Akibat kejadian tersebut, empat orang penumpang tewas terbakar dan satu orang selamat.

Minibus bernomor polisi AA 8839 LT tersebut dikendarai oleh Iwan Santoso (36) dengan penumpang Diah Nursanti (32), Yus isar Santoso (8), Bilqis Queen (3), dan Felix Ade Santoso (12), seluruh penumpang merupakan warga Jaranan, Rejowinangun, Magelang Tengah, Kota Magelang.

Seorang saksi mata Hartoyo menuturkan, saat kejadian terjadi sempat mendengar bunyi benturan benda keras dan ledakan. Namun demikian, dia tidak melihat detail kejadian tersebut. Dia hanya melihat mobil tersebut sudah terbakar di bagian bawah dan asap putih sudah mengepul dari mobil nahas tersebut.

Ia mengatakan, satu-satunya korban selamat yakni Felix Ade Santoso yang sempat dikeluarkan dari kaca belakang mobil. Adapun ibu korban, Diah Nursanti sudah dalam keadaan kritis dan terbakar di sebagian tubuhnya, Diah meninggal dunia di lokasi usai dikeluarkan dari dalam mobil.

"Tiga orang lainnya, yakni sopir, balita, dan anak kecil tidak bisa dikeluarkan. Karena api sudah membesar dengan cepat membakar seisi mobil dan pintu mobil tidak bisa dibuka," katanya.

Warga sempat memadamkan api secara manual sebelum petugas pemadam kebakaran datang. Saat mobil pemadam kebakaran datang di lokasi kejadian api sudah mengecil dan korban sudah tidak dapat diselamatkan.

Beberapa relawan juga langsung melakukan evakuasi terhadap korban yang terbakar di dalam mobil untuk di bawa ke RSUD Muntilan. Polisi berusaha mengatur lalu lintas karena arus sempat tersendat akibat kejadian tersebut.

Kepala Unit Laka Polres Magelang, Ipda Hartoyo menuturkan dari keterangan yang diperoleh pihaknya, kecelakaan itu terjadi karena sopir minibus diduga mengantuk dan menabrak pot pembatas jalan di kanan jalan sehingga bodi mobil oleng dan sempat berputar.

Saat bersamaan dari arah belakang, bus Handoyo yang dikemudikan oleh Pardoko (37), warga Loano, Kabupaten Purworejo kemmudian menabrak mobil tersebut dan mobil terbakar.

"Kemungkinan mobil terbakar karena tangki bocor dan timbul percikan api karena gesekan sehingga terbakar," katanya.

Hingga kini, pihaknya telah menahan bus berikut pengemudinya, serta surat-suratnya.

(H018/H015)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014