... sudah lebih awal berpuasa yakni Jumat (27/6) dan kini 1 Syawal kami tetapkan hari ini... "
Makassar (ANTARA News) - Jamaah An-Nadzir di Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, hari ini merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah dengan shalat berjamaah di perkebunan kelapa sawit.

"Kami sudah lebih awal berpuasa yakni Jumat (27/6) dan kini 1 Syawal kami tetapkan hari ini," kata Ustadz Lukman A Bakti, yang menjadi khatib shalat Ied jamaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulsel, Minggu.

Dia mengatakan, penetapan awal Ramadan dan 1 Syawal itu dengan membaca tanda-tanda alam seperti air pasang di lautan dan pergerakan bulan.

Jamaah An-Nadzir kalangan dewasa hingga anak-anak berbondong-bondong ke lokasi perkebunan sawit sejak seusai shalat subuh.

Mereka mengenakan pakaian khas dengan jubah hitam dan mengenakan cadar penutup wajah bagi kaum perempuan.

Sedang jamaah laki-laki selain menggenakan jubah hitam, juga sorban hitam dan sebagian jamaah berambut pirang sebagai identitas komunitas jamaah An-Nadzir.

Untuk pengamanan prosesi ibadah jamaah An-Nadzir, petugas Polres Gowa berjaga-jaga di beberapa sudut lapangan di kawasan perkebunan sawit itu.

"Alhamdulillah, meskipun kami berbeda dalam penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal dengan masyarakat muslim lainnya, namun kami tetap diberi ruang beribadah sesuai keyakinan kami," kata salah seorang jamaah An-Nadzir, Syamsiah, yang berdomisili di kawasan Danau Mawang, Samata, Kabupaten Gowa.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014