Raha, Sultra (ANTARA News) - Meskipun tidak seramai saat suasana Idul Fitri, namun kondisiarus mudik Pelabuhan Nusantara Raha di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah tampak padat.

Pantauan ANTARA di Pelabuhan Nusantara Raha, Kamis, pemudik tujuan Kendari-Raha-Baubau yang menggunakan kapal laut melalui pelabuhan tersebut cukup padat, tetapi tidak sampai menimbulkan antrean panjang seperti di saat suasana Idul Fitri.

"Penumpang kapal cukup padat dalam menjelang lebaran kurban ini, tetapi tidak terlalu membeludak seperti lebaran yang lalu," kata Survevisor PT Aksar Saputra Lines Cabang Raha, La Kadir Lamidi di Raha, Kamis.

Menurut dia, jumlah penumpang yang tiba di pelabuhan Raha menjelang Idul Adha sekitar 250 orang melalui jalur kapal cepat yang beropeasi di siang hari, dan kapal penumpang yang beroperasi malam hari di atas 150 orang ditambah kendaraan roda dua sekitar 30 unit.

"Kami juga menghimbau calon penumpang maupun pemilik barang agar tidak memaksakan diri kalau kapasitas angkut kapal sudah cukup demi keselamatan pelayaran mencapai tujuan," kata La Kadir.

Ia menjelaskan, melalui jalur malam, tim gabungan pengawasan mudik lebaran, pihaknya sudah berkoordinasi demi kenyamanan, keamanan,dan keselamatan pelayaran para pemudik.

Ia menambahkan, mengatakan penumpang dari Kendari-Raha dan Kota Bau-Bau yang menggunakan jasa angkutan kapal cepat atau malam, penumpang tidak terlalu berdampak dan terjadi seperti biasa.

"Untuk mengangkut pemudik saat Idul Adha ini, kita rasa tidak terlalu padat,tidak seperti pada puncak perayaan Hari Raya Idul Fitri,"katanya.

(KR-ASA)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014