Semula dijadwalkan (kelompok terbang/kloter) yang pertama berangkat jam 06.00 namun ditunda hingga pukul 08.00 (Waktu Arab Saudi)
Makkah (ANTARA News) - Keberangkatan jamaah haji gelombang kedua dari Makkah ke Madinah tertunda beberapa jam karena menurut aturan yang berlaku bus tidak dibolehkan keluar dari pul bus (tempat bus dikandangkan) sebelum jam 05.00 waktu setempat, kata Kepala Kantor Urusan Haji Daerah Daerah Kerja Makkah, Endang Jumali.

"Semula dijadwalkan (kelompok terbang/kloter) yang pertama berangkat jam 06.00 namun ditunda hingga pukul 08.00 (Waktu Arab Saudi)," kata Endang di Makkah, Senin.

Ia mengatakan hari ini ada enam kloter yang akan diberangkatkan dari Makkah ke Madinah, antara lain untuk melakukan ziarah dan melaksanakan ibadah arbain atau sholat wajib lima kali sehari selama delapan hari di Masjid Nabawi.

Endang mengatakan, jika bus diberangkatkan jam 06.00 maka diperkirakan bus harus siap keluar dari pul nya sekitar pukul 03.00 sehingga tidak memungkinkan atau melanggar aturan yang ada.

Selain itu, katanya, bus juga diharapkan sudah sampai ke Madinah maksimal pukul 22.00. "Tidak boleh lewat sampai jam 10 malam," katanya.

Hal itu, menurut Endang, untuk menghindari kecelakaan, hujan debu dan juga badai selama perjalanan, sehingga diharapkan keamanan jamaah haji bisa terjamin semuanya. Waktu tempuh Makkah ke Madinah diperkirakan sekitar enam jam.

Berdasarkan data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga pukul 14.37 WAS, sebanyak tiga kloter sudah berangkat dari Makkah ke Madinah

Endang juga sudah mendengar bahwa jamaah gelombang kedua akan ditempat di dalam markaziyah atau maksimal 650 meter dari Masjid Nabawi, dari sebelumnya pada gelombang pertama sebanyak 17.000 jamaah ditempatkan oleh majmuah (swasta Arab Saudi yang menangani akomodasi) di luar markaziyah. Hak ini membuat majmuah dikenai denda 300 riyal per orang.

Kota Madinah yang sebelumya bernama Yatsrib adalah salah satu dari dua Kota Suci umat Islam di Arab Saudi, selain Makkah. Di sini antara lain terdapat Masjid Nabawi (tempat melakukan ibadah arbain) yang di dalamnya juga terdapat makam Rasulullah SAW. Kota ini memiliki banyak nama lain seperti Kota Nabi dan Kota Rasul.

Keberangkatan jamaah haji Indonesia dibagi dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama yang berangkat mulai 1 hingga 14 September, jamaah haji ditempatkan di Madinah sekitar sembilan hari, dan seluruhnya sudah ditempatkan ke Makkah sebelum melaksankan ibadah haji.

Sementara jamaah haji gelombang kedua diberangkatkan dari Tanah Air mulai 15 September dan langsung ditempatkan ke Makkah. Setelah menyelesaikan ibadah haji mereka diberangkatkan ke Madinah untuk selanjutnya pulang ke Tanah Air (baik melalui Bandara Madinah maupun Bandara Jeddah).

Jamaah haji gelombang pertama sudah mulai pulang ke Tanah Air sejak 9 Oktober 2014. Sementara jamaah haji gelombang kedua dijadwalkan pulang ke Indonesia mulai 23 Oktober.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014