... operasi SAR adalah implementasi dan aktualisasi dari nilai-nilai kemanusiaan dalam tataran pergaulan antar umat manusia... "
Samarinda, Kalimantan Timur (ANTARA News) - Masyarakat Samarinda tumpah-ruah di tepi dermaga Pelabuhan Semayang, Samarinda, menyaksikan demonstrasi hasil latihan SAR laut yang digagas TNI AL. Mereka menyaksikan dari dekat proses evakuasi korban kapal tenggelam, memakai helikopter TNI AL.

Dimulai dari penerjunan personel Komando Pasukan Katak Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, yang diterjunkan dari kabin CASA-212 Aviocar nomor registrasi U-615, evakuasi korban yang tenggelam di laut dilakukan memakai jaring karet dengan ditarik sling baja helikopter Bolkow-Blohm BO-105 TNI AL. 

Korban bisa dibawa secara selamat ke darat. Latihan masih berlanjut dengan demonstrasi penanggulangan kebakaran kapal dan teknik serta prosedur mengatasi kebocoran minyak di perairan, secara cepat dan tepat memakai kapal tunda PT Pertamina setempat.

Proses latihan SAR laut itu selesai, dan ditutup Asisten Operasi Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI
Arief Rudianto.

Dalam sambutan penutupannya, Rudianto menyampaikan, operasi SAR adalah implementasi dan aktualisasi dari nilai-nilai kemanusiaan dalam tataran pergaulan antar umat manusia.

"Misi kemanusiaan ini menjadi semakin penting dan dipandang sebagai suatu kewajiban mulia, manakala suatu bangsa berada dalam kondisi kehidupan yang berbudaya dengan masyarakat yang beradab," kata Rudianto.

Operasi SAR --dalam hal ini di laut-- juga termasuk penerapan amanat UU Nomor 34/2004 tentang TNI, yang juga harus mengemban misi operasi militer selain perang.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014