Sanaa (ANTARA News) - Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi Rabu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Somalia Abdirahman Duale Beyle, yang saat ini mengunjungi Yaman.

Dalam pertemuan tersebut, Hadi meninjau kembali sifat hubungan bersejarah antara Yaman dan Somalia, mengatakan bahwa hubungan kembali ke waktu yang lama karena kohesi sosial di antara masyarakat kedua negara, serta melalui kerja sama komersial dan bilateral di berbagai bidang, lapor Saba.

Dia menegaskan bahwa Yaman akan berdiri disamping Somalia sampai mendapatkan kembali kendali atas negara Somalia bersama dengan lembaga-lembaganya, dan mencatat bahwa situasi saat ini buruk dalam kemajuan perkembangan di kedua negara.

Selain itu, Presiden mengatakan bahwa kumandang dari situasi saat ini, dan perang di dunia Arab, membantu keberadaan pembajakan di pantai Somalia dan Teluk Aden, yang menggerogoti lalu lintas komersial dan memukul situasi keamanan di Arab dan Laut Merah.

Dia menekankan pentingnya koordinasi dan konsultasi di bidang keamanan untuk memerangi teror, serta kerja sama di bidang ekonomi dan investasi yang akan membantu dalam mempromosikan keamanan dan stabilitas di dua negara.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Somalia menjelaskan kepada Presiden Hadi mengenai hasil pertemuannya dengan para pejabat Yaman di kementerian perikanan, industri dan perdagangan. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014