Batam (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Sutarman bersama rombongan mengunjungi wilayah Kabupaten Natuna yang menjadi kawasan terdepan dan berbatasan langsung dengan sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

"Sekitar pukul 12.00 WIB Kapolri tiba di Natuna. Kedatangan Kapolri untuk memastikan kesiapan anggota kepolisian dalam penegakan hukum pulau-pulau terdepan di NKRI," kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono melalui siaran pers di Batam, Kamis.

Kapolri, kata Hartono, menilai wilayah Natuna yang terdiri dari pulau-pulau dan memiliki kekayaan alam melimpah harus mendapatkan penjagaan yang memadai.

"Kesiapan yang dicek berkaitan dengan personel, sarana dan koordinasi instansi terkait dalam rangka penegakan hukum di wilayah laut dan pengamanan pulau-pulau terdepan berbatasan langsung dengan negara lain," katanya.

Hartono mengatakan, sekitar pukul 13.50 WIB, Kapolri dan rombongan menuju Pulau Laut yang merupakan pulau terdepan berbatasan dengan Vietnam dan Malaysia.

"Kapolri ingin memastikan kondisi wilayah terdepan dan sarana yang dimiliki untuk pengamanan," kata dia.

Kapolri juga sempat menyinggung mengenai penambahan peralatan dan bantuan kapal patroli besar untuk menjaga wilayah Natuna dari berbagai kejahatan.

"Intinya, Kapolri berupaya memberikan perhatian lebih pada wilayah terdepan termasuk Natuna yang memiliki kekayaan alam melimpah," katanya.

Kunjungan ke Natuna, kata Hartono, merupakan rangkaian sejumlah kunjungan Kapolri di wilayah hukum Polda Kepulauan Riau.

Selain ke Natuna, Kapolri beserta rombongan didampingi Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari juga dijadwalkan berkunjung ke wilayah Pulau Bintan pada Jumat (5/12).

Pewarta: Larno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014