... Jepang akan mengerahkan kapal dan helikopter milik Pasukan Bela Diri Jepang...
Jakarta (ANTARA News) - Negara Jepang akan mengerahkan kapal dan helikopter milik Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF) ke lokasi pencarian dan evakuasi kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin, helikopter JSDF akan berangkat dari Pangkalan Bun pada Selasa siang menuju kapal JSDF yang sudah ada di perairan Selat Karimata.

Proses pencarian dan evakuasi kecelakaan pesawat terbang AirAsia nomor penerbangan QZ8501 telah memasuki hari kesembilan. Pada hari sebelumnya, tim gabungan kembali menemukan empat jenazah penumpang dan serpihan pesawat yang jatuh.

Dengan begitu, jumlah korban yang telah dievakuasi telah mencapai 34 jenazah dan seluruhnya telah diterbangkan ke Surabaya untuk diidentifikasi tim Disaster Victim Identification (DVI) yang bermarkas di RS Bhayangkara Polda Jawa Timur.

Pesawat AirAsia Indonesia QZ8501 rute Surabaya-Singapura dilaporkan hilang kontak dari pusat pengendali lalu lintas udara pada Minggu (28/12).

Pesawat QZ8501 berjenis Airbus A320-200 dengan registrasi PK-AXC membawa 155 penumpang terdiri dari 137 orang dewasa, 17 anak-anak, dan satu bayi. Selain itu, juga terdapat dua pilot, empat awak kabin dan satu teknisi.

Tim gabungan pencarian dan penyelamatan mulai mendapatkan titik terang setelah menemukan serpihan pesawat dan jenazah sejak Selasa (31/12). Badan SAR Nasional telah mengonfirmasi bahwa yang ditemukan adalah serpihan pesawat AirAsia dan jenazah penumpangnya. 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015