Banjarnegara (ANTARA News) - Seorang perempuan lanjut usia meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor di Desa Pager Gunung, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis malam, setelah wilayah itu diguyur hujan lebat pada siang hari.

"Korban tewas bernama Bu Darno, usia 60 tahun, warga Desa Pager Gunung RT 03 RW 01, Kecamatan Wanayasa," kata Koordinator Posko Aju Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo.

Menurut dia, peristiwa nahas yang menimpa korban terjadi sekitar pukul 18.30 WIB.

"Saat itu korban sedang memetik teh. Tiba-tiba terjadi longsoran yang langsung menimbun tubuh korban," katanya.

Menurut dia, personel Posko Aju yang terdiri atas BPBD Banjarnegara, TNI/Polri, dan tim search and rescue (SAR) gabungan yang menerima laporan musibah itu langsung menuju lokasi kejadian guna melakukan upaya evakuasi terhadap korban dengan dibantu warga setempat.

Ia mengatakan bahwa tubuh korban berhasil dievakuasi dari longsoran sekitar pukul 20.15 WIB.

"Saat dievakuasi, korban diketahui telah meninggal dunia. Saat ini, jenazah korban telah dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan karena akan dimakamkan besok pagi," jelasnya.

Disinggung mengenai upaya pencarian korban atas nama Sahadi yang hilang akibat hanyut di Sungai Urang, Andri mengatakan bahwa jasad korban belum ditemukan sehingga operasi pencarian dihentikan untuk sementara pada hari Kamis (5/2) sore dan akan dilanjutkan pada hari Jumat (6/2).

Sahadi alias Panjul (53), warga Desa Sijeruk, RT 05, RW 01, Kecamatan Banjarmangu, dilaporkan hilang akibat terseret arus Sungai Urang pada hari Rabu (4/2) sekitar pukul 16.15 WIB saat korban hendak pulang ke rumahnya setelah dari kebun.

Akan tetapi, saat menyeberangi Sungai Urang, tiba-tiba terjadi banjir yang relatif cukup besar sehingga menyeret tubuh korban hingga akhirnya dinyatakan hilang.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015