Ho Chi Minh (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan Vietnam telah melarang perusahaan dan orang memproduksi dan menjual kosmetik yang berisi bahan dari manusia, demikian laporan media lokal pada Kamis.

Larangan itu dikeluarkan setelah banyak kosmetik, yang kini dijual daring, diiklankan memiliki bahan yang diekstrak dari ari-ari manusia atau yang diproduksi dengan menggunakan teknologi sel-batang, jaringan daring Tuoi Tre News, dengan mengutip Wakil Kepala Administrasi Obat di Kementerian tersebut Nguyen Viet Hung.

Penggunaan semua bahan dari manusia dilarang, dan Administrasi Obat belum mengeluarkan izin distribusi bagi kosmetik yang diekstrak dari plasenta manusia atau yang diproduksi dengan teknologi sel-batang, kata pejabat kesehatan tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua, Kamis siang.

Pejabat itu mengatakan Kementerian Kesehatan Vietnam telah menginstruksikan semua departemen kesehatan lokal untuk bekerjasama dengan lembaga terkait dalam memeriksa dan menangani mereka yang memproduksi dan menjual kosmetik yang berisi bahan terlarang.

(Uu.C003)


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015