... sikap rendah hati antarumat beragama harus terus dipupuk, sehingga tercipta damai...
Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Misa Kamis Putih yang dipimpin Uskup Yohanes Harun Yuwono, di Gereja Katedral Kristus Raja, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Kamis, berlangsung khidmat.

Jemaat telah memadati gereja ini sejak pukul 17.00 WIB. Meski demikian, kehadiran jemaat tidak sampai menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas.

Pengurus Gereja Katedral Kristus Raja, Supriyadi, berharap selama perayaan Kamis Putih situasi keamanan di Lampung tetap kondusif.

Dia berharap dengan misa ini cinta dan damai dapat terus ada.

"Saling membantu dan tolong menolong serta sikap rendah hati antarumat beragama harus terus dipupuk, sehingga tercipta damai," katanya pula.

Puluhan personel polisi berjaga di katedral. Sebelumnya tim gegana telah melakukan pemeriksaan di seluruh lingkungan Gereja Katedral Bandarlampung tersebut.

Umat Katolik memperingati Kamis Putih, yakni dimulainya peristiwa Tri Hari Suci sebelum perayaan puncak Paskah pada Minggu (5/4).

Dalam Kamis Putih, umat Katolik mengenang perjamuan terakhir Yesus Kristus. Misa dilaksanakan untuk mengenang perjamuan akhir itu.

Dalam kisah Alkitab Perjanjian Baru, pada Malam Kamis Putih itulah saat Yesus Kristus dikhianati muridNya, Yudas Iskariot, ditangkap prajurit Romawi, dan diadili secara semena-mena. Keesokan harinya, Jumat Agung, Yesus Kristus wafat di kayu salib di Bukit Golgota, menggenapi janji keselamatan Tuhan. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015