Biak (ANTARA News) - Sebanyak 150 prajurit TNI dari Kodim 1708 Kabupaten Biak Numfor akan membangun 20 unit rumah warga sangat sederhana dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dipusatkan di Kampung Kanaan dan Wasbari.

Komandan Kodim 1708 Letkol CZI Achmad Yussa di Biak, Papua, Rabu mengatakan pelaksanana TMMD ke-94 di Kabupaten Biak Numfor secara resmi akan dimulai 7 Mei hingga 28 Mei 2015.

"Seratusan personel TNI bersama masyarakat kampung di Distrik Biak Barat itu sudah melakukan kegiatan pra-TMMD untuk membangun rumah warga," katanya.

Achmad Yussa menyebutkan bahwa selain kegiatan fisik pembangunan rumah, pihaknya akan melakukan serangkaian kegiatan nonfisik berupa penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup sehat, pelayanan kesehatan, penyuluhan bela negara serta kegiatan olahraga bersama penduduk setempat.

Melalui kegiatan TMMD ke-94, menurut Achmad Yussa, diharapkan makin mendekatkan prajurit TNI dengan rakyat, karena TNI hadir dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

"Tujuan lain TMMD membantu Pemkab Biak Numfor dalam menyediakan kebutuhan dasar masyarakat berupa rumah tinggal serta meningkatkan partisipasi aktif warga dalam kegiatan pembangunan di kampung bersangkutan," kata Dandim 1708 Letkol CZI Achmad Yussa.

Menyinggung dukungan pembiayaan dalam pelaksanaan TMMD ke-94, menurut Dandim Letkol Achmad, merupakan bantuan hibah pemkab untuk membiayai pembangunan rumah layak huni.

"Besaran dana hibah untuk mendukung pelaksanaan TMMD ke-94 di lingkup Kodim 1708 Biak mencapai kurang lebih Rp2,5 miliar," kata Achmad Yussa.

Berdasarkan data pelaksanaan TMMD di Biak Numfor akan membangun rumah yang layak huni untuk warga di berbagai kampung dan distrik di Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015