Jakarta (ANTARA News) - Ritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA, memperkenalkan rangkaian produk pertamanya di Indonesia, sistem dapur Metod, yang memberi kebebasan untuk memilih desain dan fungsi sesuai kebutuhan dan selera.

"Setelah diluncurkan Maret lalu di Eropa, sistem dapur Metod diluncurkan Juni di Asia Pacific, termasuk Indonesia," kata Ririn Basuki, PR Manager IKEA Indonesia, di Alam Sutera, Tangerang, Rabu.

Sistem dapur Metod memungkinkan bentuk rancang secara modular yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan, dan hadir mengikuti fungsi, kebutuhan dan gaya yang diinginkan.

Show room Manager IKEA Indonesia, Bob, menjelaskan, sistem dapur itu menawarkan tiga tampilan yakni Modern, Tradisional dan Scandy.

"Tampilan Modern bahannya glossy, Tradisional mengambil tema perabotan dan peralatan seperti dapur Inggris, sedangkan Scandy lebih menggunakan bahan dan warna kayu," kata dia.

Selain tampilan, Bob mengatakan sistem dapur Metod juga menghadirkan inovasi baru dalam kabinet diantaranya soft closing yang meskipun pintu kabinet dibanting tidak akan menimbulkan suara dan laci di dalam laci yang juga dilengkapi dengan lampu.

Sistem dapur Metod dilengkapi dengan kabinet dan laci dalam berbagai ukuran yang modular untuk memberikan solusi bahkan tempat penyimpanan di daerah pojok.

"Di daerah pojok kabinet dilengkapi dengan rak karosel, seberapa pun ukuran dapur dapat disesuaikan karena ini modular," ujar Bob.

Untuk mendapatkan kabinet yang sesuai dengan ukuran dapur, IKEA menyediakan jasa pengukuran, dapur juga dapat didesain di situs resmi IKEA.

"Setelah ada ukuran, kemudian dapur desain, pengguna dapat memilih bahan model dan bahan kabinet, setelah itu diberikan waktu selama 6 bulan untuk pembelian," kata Bob.

"Jika sudah sepakat dan stok tersedia, paling lama satu minggu sudah jadi," tambah dia.

Rangkaian kabinet sistem dapur Metod tersebut tersedia dalam ukuran tinggi 10cm- 220cm dan lebar 20cm-80cm. IKEA memberikan garansi 25 tahun untuk sistem dapur Metod.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015