Padang Aro (ANTARA News) - Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Kerinci Seblat Wilayah IV Solok Selatan, Sumatera Barat, membina kader untuk menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat.

Kepala SPTN Kerinci Seblat Wilayah IV Solok Selatan M Zainudin di Padang Aro, Senin, mengatakan pembinaan dilakukan pada 10 pecinta lingkungan hidup dari SMA Negeri 3 Solok Selatan dan 20 anggota Kelompok Pecinta Alam Solok Selatan.

"Setelah diberikan pembinaan, para kader konservasi ini diharapkan bisa sebagai perpanjangan tangan TNKS sebagai penyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat," katanya.

Pembinaan kader konservasi, ia melanjutkan, juga ditujukan untuk meningkatkan kepedulian anak-anak muda pada kegiatan konservasi dan perlindungan kawasan hutan.

Selama pembinaan, ia menjelaskan, para kader mendapatkan pengetahuan tentang teori serta praktik konservasi di lapangan.

Ia berharap selanjutnya bisa membina lebih banyak kader konservasi dari berbagai unsur dalam masyarakat.

"Dengan semua unsur terlibat dalam konservasi maka pengawasan dan pencegahan perusakan hutan bisa lebih berkesinambungan dan lebih baik lagi," katanya.

Pewarta: Junisman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015