Kementerian Pertanian, asosiasi, dan pelaku usaha menjamin adanya pasokan dari potensi panen sehingga diharapkan harga dalam satu minggu ke depan akan turun,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan memastikan tidak akan ada impor cabai dan bawang merah karena adanya jaminan pasokan dari potensi panen dalam kurun waktu satu minggu ke depan.

"Kementerian Pertanian, asosiasi, dan pelaku usaha menjamin adanya pasokan dari potensi panen sehingga diharapkan harga dalam satu minggu ke depan akan turun," kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Rachmat mengatakan, stok bawang merah segera terpenuhi dengan masuknya hasil panen dari sentra-sentra bawang merah seperti Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Juni 2015.

"Pemerintah hanya akan melakukan impor jika ada kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi produk lokal," ujar Rachmat.

Sementara untuk harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok, Rachmat menambahkan kondisi harga masih relatif stabil, kecuali daging ayam ras, cabe merah keriting, telur ayam ras, gula pasir, dan kedelai lokal yang cenderung naik akibat permintaan yang mulai meningkat.

"Namun, khusus mengenai gula, kebutuhan dalam negeri dipastikan tercukupi sampai melewati bulan puasa dan Lebaran," kata Rachmat.

Surplus gula sebanyak 350.000 ton sampai bulan Juli 2015, sehingga pasokan gula sudah memenuhi kebutuhan untuk bulan Mei, Juni, dan Juli 2015.

Rachmat menambahkan, bagi semua pihak diharapkan menjaga keamanan dan kelancaran distribusi barang agar tidak membuat gangguan dan melakukan tindakan yang dapat dikategorikan sebagai sabotase ekonomi dan perdagangan.

"Kami telah berkoordinasi dengan Mabes Polri, BIN dan semua instansi. Saya memastikan semua pihak, terutama aparat keamanan, telah siap menjaga distribusi barang dan penumpang dan siap menindak secara tegas setiap gangguan dan sabotase yang menyebabkan terganggunya distribusi bahan pokok," ujar Rachmat.

Rachmat memastikan koordinasi antarinstansi terus dilakukan untuk menjaga pasokan kebutuhan pokok, menjaga kestabilan harga, menyediakan sarana angkutan barang dan penumpang, serta siap mengawal dan mengamankan ketersediaan bahan pokok.

Kebutuhan pokok akan tersedia dengan baik dan harga tetap terjangkau, selaras dengan daya beli masyarakat. Pada sisi lain, pemerintah juga memastikan pelaku usaha tetap mendapatkan keuntungan.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015