Sidoarjo (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur untuk meresmikan jalan tol Gempol-Pandaan di Kabupaten Pasuruan.

Presiden yang baru saja menikahkan putra sulungnya pada Kamis beserta rombongan yang berangkat dari kediamannya Solo, Jawa Tengah, mendarat di Bandara Juanda Surabaya pukul 11.30 WIB.

Ikut dalam rombongan presiden, diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Tol Gempol-Pandaan diharapkan membantu mempersingkat waktu tempuh warga yang melintasi Surabaya-Malang.

Jalan Tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 km menelan biaya investasi sebesar Rp 1,472 triliun ini terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol-Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong-Gempol untuk ke arah utara.

Jalan tol Gempol-Pandaan itu dioperasikan oleh PT Jasamarga Pandaan Tol tersebut merupakan badan usaha patungan dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (78,58% saham), PT Jalan Tol Kabupaten Pasuruan (11,84%), dan PT Margabumi Matraraya (9,58%).

PT Jasamarga Pandaan Tol berhak atas masa konsesi selama 37 tahun terhitung sejak tanggal penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), yaitu tanggal 3 Oktober 2012. Untuk tahap awal ini, tarif tol untuk golongan I ditetapkan sebesar Rp. 818/km.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015