London (ANTARA News) - Delegasi Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah (BKSP DPD) RI bertemu Ketua Komite Energi dan Lingkungan Hidup Parlemen Norwegia (Storting) di Oslo yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Norwegia, Yuwono A. Putranto.

Delegasi Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu terdiri dari H. Mohammad Saleh, Shri IGN Arya Wedakarna M .Wedasteraputra S, dan H. Yusron A. Silondae.

Pertemuan itu selain dimaksudkan dalam rangka mensosialisasikan keberadaan DPD RI kepada mitra parlemen di Oslo juga menjajaki kerja sama antar-parlemen, termasuk di sektor kelautan, energi dan perikanan, demikian penjelasan Minister Counsellor KBRI Oslo, Heru Prayitno, kepada ANTARA.

Ketua Komite Energi dan Lingkungan Hidup Storting, Ola Elvestuen (dari Partai Liberal), menyambut baik ajakan untuk memperkuat kerja sama antar-parlemen mengingat Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia yang diakui terus menguat perannya di dunia, dengan kekuatan ekonomi yang terus meningkat, dan memiliki posisi penting di kawasan.

Elvestuen menyebutkan sektor-sektor yang berpotensi untuk dikerjasamakan, seperti REDD+ dan rain forest initiative, kemaritiman, serta energi baru dan terbarukan termasuk pengembangan hydropower dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut Dubes RI Oslo, Yuwono A. Putranto, menegaskan tentang komitmen kuat Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang REDD+ yang mencakup kerja sama kehutanan dan perubahan iklim, kerja sama kemaritiman termasuk perikanan, serta kerja sama bidang energi.

Dubes RI juga menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama di sektor-sektor lainnya terkait hubungan bilateral Indonesia - Norwegia.

Ditambahkan hubungan kerja sama kedua negara semakin menguat ditandai dengan kunjungan Perdana Menteri Norwegia ke Indonesia pada tanggal April lalu untuk pembicaraan bilateral dengan Presiden RI dan kegiatan lainnya. Selain kunjungan kerja Menlu RI ke Norwegia dalam rangka bertemu Menlu Norwegia pada Pertemuan Pertama Komisi Bersama Indonesia - Norwegia dan sekaligus menjadi pembicara pada Oslo Forum.

Sebelum mengadakan pertemuan khusus dengan Komite Energi dan Lingkungan Hidup Parlemen Norwegia, delegasi BKSP DPD RI mendapatkan penjelasan singkat mengenai tugas utama Storting dalam menetapkan Undang-Undang, menetapkan APBN dan melakukan pengawasan terhadap Pemerintah.

BKSP DPD RI mendapatkan penjelasan mengenai struktur dan komposisi Storting yang beranggotakan 169 orang dari delapan parpol pemenang pemilu yang dipilih setiap empat tahun sekali dari 19 daerah pemilihan, serta memiliki 12 komite.

Selama berada di Oslo, Delegasi BKSP DPD RI juga bertemu dengan Kementerian Pemerintah Daerah dan Modernisasi dan Innovation Norway, Lembaga Promosi dan Inovasi Norwegia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015