Shanghai (ANTARA News) - Kapten dan striker timnas Ghana Asamoah Gyan akan meninggalkan juara liga Uni Emirat Arab, Al Ain, untuk bergabung dengan klub Liga Super Tiongkok Shanghai SIPG dalam rekor transfer besar-besaran.

Gyan, yang mencetak 95 gol pada 83 laga selama empat tahun di UAE, akan pindah Rabu sambil berharap gaji per pekan 250.000 dolar AS (Rp3,3 miliar). lapor kantor berita Xinhua dan koran UAE, Sport 360.

"Sesuatu tengah terjadi," kata pejabat senior Al Ain kepada Sport 360. "Segera, segala sesuatu akan menjadi jelas mengenai situasi ini. Ketika Anda menerima uang dua kali lipat dari yang Anda bayarkan untuk Gyan, maka Anda harus merelakannya pergi."

Gyan pindah ke Al Ain dari Sunderland pada 2011 dalam transfer status pinjaman senilai 9,35 juta dolar AS (Rp124 miliar) sebelum ditambah empat juta dolar AS (Rp53 miliar) untuk kontrak permanen.

Shanghai yang dilatih mantan pelatih timnas Inggris Sven-Goran Eriksson berharap Gyan bugar untuk memimpin timnya menjadi juara liga musim ini.

Klub ini menempati peringkat kedua dalam Liga Super Tiongkok yang beranggotakan 16 tim atau satu poin di bawah pemuncak klasemen Beijing Guoan setelah 17 kali bertanding.

Sementara itu juara bertahan Guangzhou Evergrande mendatangkan gelandang Brasil Paulinho dalam kontrak senilai 15 juta dolar AS (Rp2 triliun), sedangkan Shanghai Shenhua mendapatkan pemain timnas Senegal Demba Ba, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015