Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Fraksi PPP MPR RI, Irgan Chairul Mahfiz mengatakan bahwa banyak negara asing yang sinis terhadap Indonesia dan menganggap Indonesia akan bangkrut.

"Kita jangan khawatir, bangsa ini hebat luar biasa karena Pancasila. Alhamdulillah walaupun banyak permasalahan yang melanda Indonesia, namun kita mampu bertahan, perekonomian kita berjalan dengan baik. Karena itulah kita harus menjaganya dengan baik jangan lengah," katanya dalam seminar empat pilar MPR di Jakarta, Rabu.

Anggapan sinis masyarakat dunia terhadap Indonesia, lanjut Irgan, disebabkan oleh ketidakpahaman bangsa asing terhadap kekuatan Indonesia yang mampu merekatkan keragaman melalui Pancasila.

Dalam seminar bertema "Masyarakat agama dalam menjaga kerukunan umat beragama dan keutuhan NKRI" tersebut ia mengatakan, persatuan bangsa Indonesia dan menyatunya bangsa Indonesia yang sangat kuat, harus betul-betul dijaga dan dikawal.

Sebab, sambung Irgan, banyak contoh negara kuat yang bisa pecah akibat rongrongan baik dari dalam dan maupun dari luar, seperti negara Uni Soviet.

"Biarlah mereka, tapi Indonesia jangan sampai seperti itu. Bangsa ini jangan sampai pecah. Kita harus kawal dan jaga. Caranya, pahami dan amalkan nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila, UUD, Kebhinekaan kita dalam wadah NKRI," pungkasnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015