... Sebisa mungkin merayakan takbiran tidak mobile karena bisa dilakukan di mushola, mesjid, atau lapangan...
Jakarta (ANTARA News) - Petugas Polda Metro Jaya mengupayakan pengendara tidak berhenti di kawasan jalan protokol guna menghindari kemacetan lalu lintas saat perayaan malam takbiran Lebaran 2014. 

"Kami waspada terutama di jalur protokol biasanya (warga) ingin berkumpul di sekitar Monas dan Bundaran HI," kata Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan petugas kepolisian menyiapkan beberapa opsi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalur protokol seperti Monas dan Bundara Hotel Indonesia.

Termasuk strategi pengalihan arus pada lokasi rawan saat terjadi kepadatan lalu-lintas.

Polda Metro Jaya akan mengoptimalkan keberadaan petugas memantau pengendara pada sejumlah pos siaga.

Karnavian menyatakan, jajarannya juga akan memberlakukan kanalisasi atau penyekatan terhadap pengendara yang menuju Jakarta di daerah perbatasan, yaitu dari Tangerang, Depok dan Bekasi.

Petugas kepolisian akan meminta pengendara yang menuju Jakarta memutar kendaraan untuk merayakan malam takbiran di wilayahnya.

"Sebisa mungkin merayakan takbiran tidak bergerak karena bisa dilakukan di mushola, mesjid, atau lapangan," ujar Karnavian.

Potensi benturan antar kelompok yang takbir keliling bisa terjadi jika hal ini tidak diatur secara seksama. Pada sisi lain, Presiden Jokowi bermalam takbiran di Aceh. 

Guna mengamankan perayaan malam takbiran, Polda Metro Jaya dibantu TNI dan pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 6.694 personel. 

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015