Jakarta (ANTARA News) - 11 Agustus akan diperingati sebagai Hari Veteran Nasional dan menjadi babak baru sejarah Indonesia.

"Insya Allah, 11 Agustus beberapa hari lagi akan menjadi peringatan Hari Veteran Nasional pertama dalam sejarah Indonesia," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat bersilaturahim dengan para veteran di Malang melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Kementerian Pertahanan dan Keamanan dan Kementerian Sosial terus menjalin silaturahim, memberikan sapaan dan penghormatan atas jasa-jasa mereka terhadap bangsa dan negara. Sebagian besar veteran sudah lanjut usia.

Mensos mengatakan, wujud silaturahim Kemensos bagi perintis kemerdekaan adalah dengan memberikan insentif rp23,5 juta dan pahlawan rp50 juta/tahun.

"Silaturahim dan sapaan Kemensos bagi perintis kemerdekaan, berupa insentif rp23,5 juta dan bagi 163 pahlawan rp50 juta/tahun. Dana dari APBN yang disesuaikan tugas dan fungsi dan alokasi pemerintah pusat," ujarnya.

Sapaan Kemensos bagi para veteran akan terus dilakukan, salah satunya bagi veteran Timor Timur yang kehilangan anggota tubuh diberikan pergantian (portise) anggota tubuh dan pemberian sembako.

Prosesi peringatan hari veteran, akan ada long March dari Hotel Sultan hingga JCC dan direncanakan mereka akan memakai pakaian saat berjuang dahulu yang diiringi sejumlah kendaraan panser.

Selain itu, peringatan Hari Pahlawan 10 November direncanakan digelar di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

'Sebelumnya, beberapa purnawirawan Jenderal bersilaturahmi ke Kemensos terkait usulan tersebut, dan saya telah menyampaikan kepada Presiden dan beliau pun sudah setuju, ” katanya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015