Kendari (ANTARA News) - Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Polisi Arkian Lubis, memimpin upacara penghormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Watubangga Kota Kendari, Senin dini hari.

Upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kota Kendari itu, dihadiri Gubernur Sultra Nur Alam, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Kapada BIN Sultra Brigjen TNI Andi Sumagerukka, dan petinggi TNI dari tiga angkatan dan Polri serta para pimpinan SKPD Sultra.

Renungan suci dalam rangkaian memperingati HUT Ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2015 itu, ditandai dengan penghormatan kepada pejuang yang gugur memperjuangkan kemerdekaan 70 tahun silam.

Tidak ada pengarahan dari komandan upacara Kapolda Sultra, maupun gubernur dalam renungan suci itu, karena setelah rangkaian upacara selesai yang ditutup dengan doa, para kelompok upacara mulai dari unsur TNI-Polri, barisan pimpinan SKPD, Satpol PP dan Pramuka dan SMU langsung meninggalkan taman makam setelah melakukan penghormatan kepada para pahlawan.

Keterangan dari Kadis Sosial Sultra, Iskandar mengatakan, Taman Makam Pahlawan Watubangga yang berada diujung Kota Kendari dan berbatasan dengan Kabupaten Konawe Selatan dari tahun ketahun terus dibenahi sehingga semakin tertata dengan baik terutama dari segi kebersihan dan keamanan.

"Hingga saat ini, tercatat ada 65 pahlawan pejuang yang dikebumikan di Taman Makam Watubangga," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Taman Makam Pahlawan Watubangga Kendari itu kini memiliki areal lahan seluas lebih dari dua hektare yang didalamnya terdapat dua bangunan utama dengan beberapa pegawai yang ditugaskan menjaga, membersihkan setiap saat.

Disamping terdapat dua bangunan persembahan, kolam ikan serta tuguh yang berdiri tegak ditengah pusarah makam para pejuang.

Pewarta: Azis Senong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015