Manado (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan terus melakukan reformasi dan transformasi membangun tata kelola perhubungan yang bersih dan efektif, kata Gubernur Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Kementerian Perhubungan sebagai regulator yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan perhubungan sedang dan terus berupaya meningkatkan kinerjanya kepada masyarakat," kata Gubernur pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di Manado, Kamis.

Berbagai langkah reformasi dan transformasi, kata dia, dilakukan untuk meningkatkan akses keselamatan dan pelayanan masyarakat.

Melalui langkah ini, diharapkan meningkatkan peran birokrasi Kementerian Perhubungan yang responsif kepada masyarakat dan meningkatkan budaya organisasi yang inovatif, inisiatif dan kreatif dengan tetap mengindahkan peraturan dan etika yang berlaku, katanya.

"Proses reformasi dan transformasi di Kementerian Perhubungan masih membutuhkan waktu panjang," katanya.

Akan tetapi lanjut dia, dengan tekad kuat semangat revolusi mental diyakini Kementerian Perhubungan saat ini sedang menuju birokrasi yang lebih baik dan masyarakat dapat merasakan perubahan yang dilakukan.

Dia optimistis, dengan teknologi informasi dan keterlibatan masyarakat dalam pengambilan kebijakan, setahap demi setahap akan terasa eksistensi Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan keselamatan dan pelayanan serta akses perhubungan yang lebih baik, ujarnya.

"Peringatan hari perhubungan nasional harus dimaknai sebagai momentum tepat merenungkan kembali kinerja kita, dan berbagai peristiwa di sektor perhubungan, menyatukan persepsi dan tekad kita meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015