Nantinya, jika hal ini dilakukan, produktivitas kita sebagai sebuah negara menjadi lebih tinggi karena memiliki pelayanan publik yang bagus. Ini juga berdampak ke kesejahteraan masyarakat,"
Mataram (ANTARA News) - Komisi II DPR-RI melalui Wakil Ketua Mustafa Kamal berharap Ombudsman lebih menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat untuk memperkenalkan tujuan pembentukan lembaga tersebut.

"Nantinya, jika hal ini dilakukan, produktivitas kita sebagai sebuah negara menjadi lebih tinggi karena memiliki pelayanan publik yang bagus. Ini juga berdampak ke kesejahteraan masyarakat," kata Mustafa Kamal kepada wartawan di Mataram, Senin.

Selain itu, pemerintah juga membutuhkan masukan dari lapangan melalui Ombudsman terkait persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. "Ombudsman ini kan yang kerja di lapangan, paling tahu kondisi, apa saja yang harus dibenahi," ujarnya.

Oleh karena itu, Mustafa Kamal mengharapkan, Ombudsman bisa lebih mengembangkan sayap-sayapnya untuk mengetahui persoalan yang terjadi di tengah masyarakat sehingga dapat mengakses informasi lebih dekat lagi.

Ia juga berharap Ombudsman lebih mendekatkan diri ke masyarakat dengan menempuh cara-cara yang baru. "Bisa saja dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yang sifatnya interaktif," ucap Mustafa Kamal.

Dengan demikian, kata dia, tanpa bertemu langsung dengan si pelapor, hal itu dapat dilaporkan langsung dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti pengembangan "website".

"Dengan cara ini juga akan lebih mengirit biaya baik bagi si pelapor atau pun dari pihak Ombudsman untuk turun ke lapangan, jadi bisa lebih efisien," katanya.

Selain itu, ia juga berharap pihak Ombudsman dapat menyentuh para generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah maupun perguruan tinggi. "Seperti yang kita ketahui, generasi muda itu agent of change, mereka ini yang nantinya bisa menyuarakan masalah pelayanan publik. INi juga penting dalam pembangunan," ujarnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015