Jakarta (ANTARA News) - Tim jawara musim pamungkas Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia 2014/2015 lalu, Satria Muda BritAma, membuka musim baru dengan penyelenggarakan kompetisi bola basket antar-SMA bertajuk Satria Muda BritAma Cup 2015 yang akan bergulir pada 19-23 Oktober di GOR Sunter, Jakarta Utara.

Keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan bahwa tim yang akan kembali berlaga di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2016 mendatang sebagai liga pengganti NBL selaku kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia itu didukung PT Bank Rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan kompetisi SM BritAma Cup 2015.

Sebanyak 12 tim bola basket putra dari SMA-SMA Jakarta ambil bagian dalam turnamen yang menggunakan sistem separuh kompetisi itu.

Para peserta SM BritAma Cup 2015 dibagi ke dalam empat grup berisikan tiga tim, yang nantinya tiap-tiap juara grup bakal melaju ke babak semi final.

Menariknya, dari 12 peserta terdapat dua tim yang dilatih langsung oleh lima punggawa SM BritAma yaitu Christian Ronaldo Sitepu, Robertus Riza, Arki Dikania Wisnu, Gunawan dan Hardianus, yakni SMA 18 Jakarta Utara dan SMA Yadika 1 Jakarta Barat.

Sebelumnya tiap-tiap sekolah peserta juga kebagian rangkaian acara kunjungan dari dua pemain SM Britama ke sekolah masing-masing.

SM BritAma melihat perhelatan ini juga bisa menjadi celah untuk melakukan pencarian bibit-bibit pebasket berbakat di antara para peserta.

"SM BritAma Cup 2015 merupakan ajang bagi tim kepelatihan kami melakukan pemantauan terhadap bakat-bakat muda yang ada. Tentu akan lebih baik lagi apabila kami bisa memperoleh pemain masa depan bagi tim lewat ajang ini," ujat Direktur Komersial dan Kerja Sama Perusahaan SM BritAma Rudolf Tulus Sirait.

Selain kompetisi utama yang memperebutkan tiga peringkat juara berhadiah uang pembinaan, SM BritAma Cup 2015 juga akan diramaikan sejumlah acara pendukung seperti kontes individual, lomba tari modern, lomba fotografi beserta pelatihan fotografi olahraga dan laga persahabatan bertajuk Clash of the Titans antara SM BritAma melawan jawara Singapore Basketball League 2015, Singapore Falcons.

Sementara itu Wakil Presiden Eksekutif Komunikasi Pemasaran BRI Firman Taufick menilai keikutsertaan mereka di ajang SM BritAma Cup 2015 sebagai wujud kepedulian mereka terhadap anak muda yang identik dekat dengan olah raga bola basket.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015