Saya mendukung maskapai penerbangan yang menutup sementara rute Manado ke Timika untuk keselamatan penerbangan
Manado (ANTARA News) - Penerbangan rute Manado-Timika ditutup selama enam hari akibat kabut asap karena kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Timika, Papua.

Akibat kabut asap karena kebakaran di wilayah Timika yang cukup besar sehingga penerbangan ke daerah tersebut ditutup pada 17-22 Oktober 2015, kata General Menager PT Garuda Indonesia Cabang Manado Deddy Irawan di Manado, Senin.

Deddy mengatakan rencananya penerbangan Manado-Timika akan dibuka pada 22 Oktober 2015 namun tetap melihat perkembangannya.

"Tetap kita lihat perkembangan kondisi asap apakah sudah bersih atau masih menutupi udara di Timika," katanya.

Garuda melayani penerbangan Manado-Timika setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.

Deddy mengatakan rute Manado-Sorong dan Manado-Jayapura masih berjalan normal dan belum terkena dampak asap karena kebakaran di daerah itu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulang Manado, Halendra Waworuntu mengatakan pihaknya mendukung maskapai menutup sementara penerbangan ke Timika.

"Saya mendukung maskapai penerbangan yang menutup sementara rute Manado ke Timika untuk keselamatan penerbangan," katanya.

Kabut asap akan sangat berbahaya bagi penerbangan karena selain mengganggu jarak pandang pilot juga bisa merusak mesin pesawat.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015