Washington (ANTARA News) - Pemerintahan Presiden Barack Obama mengatakan Senin waktu setempat akan mewajibkan para pemilik drone atau pesawat tak berawak untuk mendaftarkan pesawat tak berawak mereka itu sebagai bagian dari upaya menghalau drone bermusuhan yang membahayakan penerbangan sipil dan tempat-tempat publik berkerumun.

Menteri Transportasi AS Anthony Foxx mengumumkan pembentukan gugus tugas yang berisis swasta dan pemerintah untuk menghasilkan rekomendasi bagi pendaftaran kepemilikan drone.

Rekomendasi akan disampaikan pada 20 November sedangkan pendaftaraan telah dimulai sebelum  Natal di mana lebih dari 1 juta drone baru telah disiapkan sebagai bingkisan Hari Natal.

Pendaftaran juga berlaku untuk drone-drone yang sudah beroperasi.

Inisiatif ini disebut sebagai wujud tekad Obama mengatasi peningkatan penampakan drone tak berizin di dekat bandara dan tempat-tempat keramaian umum.

FAA telah melaporkan lebih dari 650 drone tak dikenal tahun ini, padahal tahun lalu baru 238. Jika angka ini terus naik, maka jumlah drone akan mendekati 1.100 sampai akhir tahun ini, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015