Jambi (ANTARA News) - Persatuan Istri Anggota Fraksi Partai Gerindra (Pindra) DPR RI menyalurkan bantuan obat-obatan pada korban bencana asap di Provinsi Jambi, Senin.

"Kami mendapat tugas yang mulia dari Fraksi Gerindra dan berbangga melaksanakannya. Kedatangan kami adalah bentuk kepedulian kami terhadap para korban asap yang kemarin cuma kami saksikan melalui televisi. Sekarang kami juga ikut merasakannya," kata Ketua Pindra Himmatul Aliyah di Jambi, Senin.

Dana bantuan merupakan hasil "iuran" dari tunjangan gaji para anggota fraksi yang terkumpul hampir Rp850 juta. Sebagian dana disalurkan pada para korban asap Jambi dalam bentuk pelayanan kesehatan gratis di Klinik Pratama Kesira di halaman DPD Gerindra Provinsi Jambi di Jalan Arif Rahman Hakim, Kota Jambi. Selain itu, Pindra juga menyalurkan obat-obatan, tabung oksigen, vitamin hingga masker.

Himma, sapaan akrab Ketua Pindra Himmatul Aliyah menyampaika agar kegiatan bantuan diduplikasi oleh para istri anggota Gerindra di DPRD kabupaten dan kota.

"Kami sudah melakukan roadshow di empat provinsi, maaf kami baru hadir ke sini, tapi bukan karena kami menunggu asap reda namun kami memang baru sempat kemari. Sebelumnya kami juga sudah memberi bantuan pada korban bencana asap di Riau, Kalimantan Tengah dan sekarang Jambi, besok kami juga ke Sumatera Barat dan Sumatera Selatan," katanya.

Lebih lanjut Himma menyampaikan kelegaannya melihat kondisi masyarakat Jambi yang sudah mulai pulih dari paparan kabut asap.

"Saat kami berkunjung ke Palembang, asap masih banyak di sana. alhamdulillah di sini sudah cerah. Masyarakat Palangkaraya juga masih pucat, anak-anak masih trauma dan matanya merah. Semoga di sini diberi kesehatan sehingga bisa beraktivitas seperti biasa lagi," katanya.

Sementara itu, masyarakat yang hadir untuk mendapat pengobatan gratis di klinik Kesira mengaku sangat senang dengan bantuan tersebut.

"Baru ini bantuan yang kami dapat karena mungkin kemarin pesawat dari Jakarta belum sampai kemari. Senang bisa dapat pengobatan gratis," kata Rasuni salah seorang ibu asal Kelanai, Jambi.

Rosina mengatakan, udara cerah baru terasa di Jambi sekitar tiga hari yang lalu. Meski anggota keluarganya tak ada yang jatuh sakit akibat kabut asap, dia berharap agar musibah tersebut tak terulang lagi.

Pemberian bantuan Pindra turut dihadiri oleh Wali kota Jambi SY Fasha, Ketua DPP Partai Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra serta beberapa anggota Pindra Nunung Wahid, Elisa Patria, Natni Sareh, Herawati.

Sekitar 500 orang mengantri untuk mendapat santunan dan pengobatan gratis yang sebagian besar adalah lansia, ibu rumah tangga, anak-anak dan petugas kebersihan kota.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015