Jakarta (ANTARA News) - Banyak developer yang ingin sukses dalam mengembangkan produknya, mereka ingin aplikasi mereka menjadi viral.

Pada sesi "How to Make an App Go Viral in Indonesia" di gelaran Tech in Asia Jakarta 2015, Rabu, Director of International Business Department of UCWeb, Kenny Ye, berbagi cara agar untuk menjadikan aplikasi lebih populer.

"Karena kami punya telah mengembangkan UC Browser hingga menjadi nomor satu di market dan mendapatkan hampir 50 persen market share bulan lalu, artinya kami mempunyai pengalaman bagaimana sebuah produk tumbuh secara lebih cepat," kata dia.

"Pertama, purchase strategy. Anda perlu meningkatkan user experience, dan fokus kepada produk," sambung dia.

Sebagai contoh, UC Browser menghadirkan inovasi penghematan data kepada pengguna. Hal tersebut, menurut Kenny digunakan pengguna untuk mengakses Facebook melalui mobile phone mereka.

Selain itu, menghadirkan pengalaman baru kepada pengguna, Kenny mengatakan bahwa UC Browser juga bekerja sama dengan Facebook untuk menghadirkan notifikasi untuk desktop, meski telah sign out dari Facebook.

"Kedua, konten. Anda perlu memasukkan konten-konten lokal ke dalam aplikasi," ujar Kenny.

Untuk memperkaya konten lokal, Kenny mengatakan bahwa para developer dapat berkerja sama dengan e-commerce lokal, seperti halnya UC Browser yang telah menjalin kerjasama dengan Bukalapak dan Tokopedia, misalnya.

"Ketiga, menjalin hubungan baik dengan pengguna," kata Kenny.

Dalam membangun hubungan dengan pengguna, Kenny mengatakan bahwa para developer akan mendapat tidak hanya pujian, tetapi juga kritik atau masalah yang dialami pengguna.

Namun hal tersebut dapat dijadikan kesempatan bagi para developer untuk memecahkan masalah, sehingga dapat kembali meraih simpati dan kepercayaan dari pengguna.

Para developer dapat menggunakan media sosial seperti Facebook atau komunitas online seperti Kaskus untuk menjalin hubungan dengan para pelanggan.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015