Jayapura (ANTARA News)  - Empat pesawat dikerahkan untuk mendistribusi logistik pilkada di Kabupaten Yahukimo, Papua, sebab sebagian besar wilayah di daerah itu hanya bisa dijangkau dengan jalur udara.

Anggota KPU Papua Divisi Logistik Isak Hikoyabi di Jayapura, Sabtu mengakui, pesawat yang akan dikerahkan untuk mengangkut logistik pilkada itu milik perusahaan penerbangan AMA,MAF dan Tariku.

Hikoyabi mengatakan banyaknya pesawat yang akan dikerahkan karena Kabupaten Yahukimo memiliki 51 distrik yang sebagian besar hanya dapat dijangkau dengan menggunakan pesawat khususnya pesawat berbadan kecil.

Menurutnya, pendistribusian logistik akan dilakukan melalui dua lokasi yakni Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo dan Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya.

Karena itulah logistik yang sudah disortir di Dekai akan dikirim kembali ke Wamena untuk didistribusikan ke distrik-distrik yang lebih mudah bila dikirim dari Wamena.

"Beberapa distrik di wilayah Kabupaten Yahukimo memang lebih mudah dijangkau dari Wamena seperti Kurima," jelas Isak Hikoyabi yang mengaku masih berada di Dekai untuk memantau langsung kesiapan pendistribuan logistik di Yahukimo.

Ketika ditanya tentang aksi demo yang dilakukan panitia pemilihan distrik Jumat (27/11) di Dekai, Isak mengatakan demo itu dilakukan karena ke 51 panitia disktrik sudah lima bulan belum menerima honor.

Selain itu terungkap pula bahwa Pemda Yahukimo juga belum menyerahkan Rp42 miliar ke KPU Yahukimo hingga pihaknya khawatir akan terjadi masalah dalam pelaksanaannya, kata Hikoyabi.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015