Lagu ini untuk mengajak semua kalangan untuk berubah dan berbuat untuk bumi, karena menjaga bumi berarti menyelamatkan diri kita sendiri
Paris (ANTARA News) - Penyanyi sekaligus aktivis lingkungan, Oppie Andaresta menciptakan lagu berjudul "The Change is Real" yang dibawakannya saat tampil di Paviliun Indonesia di Arena Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) PBB tentang Perubahan Iklim (Conference of Parties/COP) 21 di Le Bourget Paris, Prancis.

"Lagu ini untuk mengajak semua kalangan untuk berubah dan berbuat untuk bumi, karena menjaga bumi berarti menyelamatkan diri kita sendiri," katanya kepada jurnalis di Le Bourget, Rabu, waktu setempat.

Oppie mengisahkan pembuatan lagu baru tersebut yang merupakan permintaan langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar untuk dibawakan di perhelatan COP ke-21 di Paris.

Lagu berbahasa Inggris tersebut terdiri atas lima bait yang diciptakannya dalam tempo satu jam. Oppie yang juga Duta Lingkungan KLHK sejak 2011 mengatakan bahwa pesan lagu tersebut adalah mengajak semua orang mencintai bumi seperti mereka mencintai diri sendiri.

Setiap orang menurut dia dapat berperan menciptakan bumi yang lebih baik, antara lain dengan menerapkan pola hidup sederhana.

"Jangan berpikir hal-hal yang terlalu besar, pikirkan saja diri kita sendiri, selamatkan diri kita sendiri dengan cara menyelamatkan bumi dari pengrusakan oleh ulah kita sendiri," ucapnya.

Oppie mengatakan bahwa kearifan lokal yang diwariskan leluhur merupakan modal penting sebagai panduan dan panutan untuk bersahabat dengan lingkungan.

Lebih lanjut, Ibu satu anak ini menambahkan bahwa KTT Iklim di Paris merupakan momentum bagi semua pihak, terutama pemimpin pemerintahan dunia untuk menentukan arah masa depan bumi.

"Waktunya untuk bertindak karena perubahan iklim itu adalah nyata. Perubahan ada di tangan kita, jadi mari bergandengan tangan mewujudkan bumi yang aman dan nyaman bagi generasi mendatang," katanya.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015