... memajukan pendidikan Indonesia diperlukan kerja kolektif...
Jakarta (ANTARA News) - Satu lagi pengharagaan diraih portal berita antaranews.com dari Kantor Berita ANTARA. Itu adalah penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2015 untuk kategori Konten Berita Media Online Mandiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Jumat. 

"Pendidikan bukan saja tanggung jawab negara, secara konstitusional ada di tangan pemerintah tetapi secara moral adalah tanggung jawab setiap orang," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, di Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta, Jumat. 

Dia mengatakan, apresiasi ini diberikan untuk orang-orang yang berkontribusi untuk pendidikan, tak hanya mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan tradisional atau sekolah, tetapi juga di luar itu. 

"Untuk memajukan pendidikan Indonesia diperlukan kerja kolektif," kata dia. 

Portal berita antaranews.com memang memiliki rubrikasi yang beraneka, salah satunya tentang pendidikan yang ada di dalam rubrik nasional. 

Dengan diawaki editor dan jurnalis lapangan berpengalaman, didukung barisan personel di bidang teknologi informatika, grafis, media sosial, kesekretariatan, dan pemasaran, telah cukup banyak penghargaan diraih portal berita antaranews.com. 

Anugerah Peduli Pendidikan adalah bentuk apresiasi untuk pihak yang telah berkontribusi dalam bidang pendidikan. Penghargaan APP 2015 untuk kategori media juga diberikan untuk Explore Indonesia, Kompas TV (Program Acara Media Televisi Sub Kategori Informasi), dan Olimpiade Indonesia Cerdas.

Juga RTV (Program Acara Media Televisi Sub Kategori Permainan dan Pencarian Bakat), Adit & Sopo Jarwo, MNC TV (Program Acara Media Televisi Sub Kategori Film dan Animasi). 

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada rri.co.id (Konten Berita Media Online Komplemen), Kompas (Konten Berita Media Cetak Harian Nasional), Pikiran Rakyat (Konten Berita Media Cetak Harian Daerah) dan majalah Gatra (Konten Berita Media Cetak Mingguan).

Tahun ini, usulan calon penerima APP melibatkan masyarakat lewat aplikasi formulir dalam jaringan yang disebarluaskan lewat media sosial serta laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan telah diselenggarakan sejak 2010 ini memberikan sebanyak 22 penghargaan untuk lima kelompok kategori, yakni perusahaan, pemerintah daerah, organisasi nirlaba dan kelompok masyarakat, individu serta media.

Penghargaan untuk kategori Perusahaan diberikan kepada perusahaan BUMN Petrokimia Gresik dan perusahaan swasta Shafira Coorporation. 

Kota Padang, Sumatera Barat dan Kabupaten Lanny Jaya, Papua meraih penghargaan untuk kategori pemerintah daerah. Penghargaan untuk organisasi nirlaba dan kelompok masyarakat jatuh pada Yayasan Soposurung, Forum Taman Bacaan Masyarakat dan Komunitas Ngejah. 

Sementara itu, penghargaan untuk kategori individu diberikan untuk Ranu Iskandar dan Mustakim (Kreativitas Pendidikan), Arwahyu Sugito (Inovator Teknologi Pendidikan), Deni Ranoptri dan Agus Dwianto (Blogger) serta Fetty Diana Sari dan Rotua Connydio Simanjuntak (Pendidikan Daerah 3T).

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015