Kami ikhlas mengakui kalah, karena selisih cukup jauh. Terima saja hasilnya dengan lapang dada
Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA News) - Calon bupati Priyo Handoko, pesaing Emil Elestianto Dardak yang juga suami artis Arumi Bachsin, mengaku kalah pada Pilkada Trenggalek.

"Kami ikhlas mengakui kalah, karena selisih cukup jauh. Terima saja hasilnya dengan lapang dada," kata Priyo, Minggu.

Namun, Priyo menyatakan ucapan selamat secara resmi kepada pasangan nomor urut 2, Emil Elestianto Dardak-Mochamad Nur Arifin, menunggu pengumuman resmi KPU.

Sedangkan calon bupati lainnya Kholiq yang sebelumnya menjabat wakil bupati belum bisa dikonfirmasi wartawan karena rumahnya acapkali tertutup dan ponselnya tidak aktif.

Sebaliknya, Pujihandi, juru bicara pasangan Kholik-Priyo Handoko menuding kemenangan Emil karena faktor uang.

Dia menunjuk banyakanya laporan dari lapangan bahwa pasangan yang diusung koalisi PDIP, Demokrat, PAN, Golkar dan Gerindra itu banyak menebar uang untuk mencuri simpati masyarakat.

"Saya bisa katakan 80 persen kemenangannya karena duit," tuding Pujihandi seraya mengatakan Emil-Arifin menghabiskan dana sangat besar dalam Pilkada, mulai dari kampanye yang sangat mewah hingga bagi-bagi uang yang diduga dilakukan untuk meraih dukungan masyarakat.

Pujihandi mengingatkan Emil dan Arifin harus berhati-hati jika mengharap pengembalian modal saat menjabat nanti, apalagi kondisi keuangan Kabupaten Trenggalek tak terlalu besar.

Emil dan Arifin sendiri malah berterima kasih kepada Kholiq dan Priyo Handoko serta menganggap tak perlu menanggapi tudingan politik uang itu karena akan memicu permusuhan pasca Pilkada.

"Soal politik uang, saya kira banyak lembaga pengawas yang bisa dikonfirmasi, apakah benar kami melakukan itu atau tidak," sergah Emil.

Dia justru menganggap tudingan itu sebagai pengingat baginya dan Arifin untuk tidak melakukan politik balik modal saat menjabat nanti.

Dia berharap bisa mengakhiri perseteruan antarpendukung calon setelah Pilkada.

Sedangkan Mochamad Nur Arifin meminta tak ada perayaan atas kemenangan ini untuk menghormati kubu Kholiq.

"Bagaimanapun Pak Kholiq sudah beriktikad baik ingin membangun Trenggalek. Kami akan melanjutkan, dan berusaha semaksimal mungkin merealisasikan apa yang selama ini menjadi janji-janji dalam kampanye kami selama ini," kata Arifin.

Pewarta: Destyan Handri Sujarwoko
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015