Banyuwangi (ANTARA News) - Hasil pemindaian formulir C1 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan Abdullah Azwar Anas dengan Yusuf Widyatmoko meraih suara 88,96 persen dalam Pilkada Banyuwangi.

Meskipun demikian Abdullah Azwar Anas meminta semua pihak menunggu hasil rekapitulasi KPU yang bakal dimulai pekan depan.

"Terima kasih atas dukungannya, tapi lebih baik kita tunggu pengumuman resmi KPU saja," ujar Anas, Minggu.

Hasil 88,96 persen diperoleh dari laman KPU (pilkada2015.kpu.go.id/banyuwangikab0 yang menampilkan penghitungan formulir C1 yang berisi hasil penghitungan suara di seluruh TPS.

Dari 2.860 TPS di Banyuwangi, proses pemindaian formulir C1 sudah 100 persen. Dari hasil rekapitulasi formulir C1 itu Anas-Yusuf meraup 88,96 persen suara, sementara pasangan Sumantri Sudomo dan Sigit Wahyuwidodo memperoleh 11,04 persen suara.

Tercatat 763.960 suara sah atau 98,54 persen dari suara yang masuk dan hanya 12.348 suara tidak sah, sedagkan partisipasi pemilih mencapai 59,47 persen di mana perempuan paling besar sebanyak 62,91 persen dan laki-laki 55,71 persen.

Dari hasil pemindaian formulir C1, Anas menang di seluruh dari 24 kecamatan di Banyuwangi.

"Jika nanti KPU menetapkan kami sebagai kepala daerah terpilih, tidak akan ada perayaan kemenangan. Karena ini amanah berat. Kami akan silaturahim ke pasangan calon lain, memohon maaf jika ada kesalahan selama kampanye, dan akan mengajak untuk bersama-sama membangun daerah," ujar Anas yang diusung koalisi PDIP, PKB, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PPP, PKS, dan PAN.

Anas juga akan bersilaturahim ke berbagai elemen masyarakat untuk meminta maaf dan mengajak bersinergi mewujudkan program-program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015