Ini merupakan kerja sama soal pengembangan ITB, tahun ini akan ada ITB di luar Bandung, yakni satu di Cirebon dan Bekasi
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Institut Teknologi Bandung pada 2016 akan membangun kampus ITB di luar domisilinya, Kota Bandung, yakni di Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Ini merupakan kerja sama soal pengembangan ITB, tahun ini akan ada ITB di luar Bandung, yakni satu di Cirebon dan Bekasi. Ini juga upaya perluasan bagi anak-anak terbaik Jabar masuk ke perguruan tinggi negeri terbaik," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia mengatakan kontribusi Pemprov Jawa Barat dalam pembangunan Kampus ITB di luar domisi adalah pemberian lahan atau tanah untuk bangunannya.

"Di Cirebon lahannya dari kita sekitar 20 hektare dan di Kabupaten Bekasi lahannya sekitar 40 hekatre. Fisiknya (bangunan) itu urusan ITB nanti berkoordinasi dengan Kemenristek Dikti" ujar dia.

Menurut dia, sebelumnya Pemprov Jawa Barat juga telah memberikan bantuan berupa lahan untuk pembangunan Kampus ITB di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, seluas 44 hektare.

Lebih lanjut ia mengatakan selain bekerja sama dengan ITB, Pemprov Jawa Barat juga melakukan kerja sama perguruan tinggi negeri lainnya yakni dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk membangun kampus di luar domisilinya.

"Mungkin nanti menjadi Unpad Maritim. Mudah-mudahan tahun 2017 Unpad di luar domisili bisa direalisasikan," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016