Kita dari Pemprov Jabar bertanggung jawab untuk membebaskan lahannya dan untuk desainya itu keahlian Pak Wali Kota Bandung
Bandung (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menargetkan fisik struktur bangunan Masjid Terapung Gedebage, Kota Bandung, yang dibangun di atas danau buatan seluas 10 hektare akan selesai pada Desember 2016.

"Konstruksi mulai tahun ini, struktur ya, itu sudah kita alokasikan Rp90 miliar. Selesainya Desember 2016 baru struktur, bangunan lebih mahal lagi. Ini kan pembangunannya bertahap," kata Iwa Karniwa, seusai Rapat Pembahasan Rencana Pembangunan Danau Gedebage dengan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil, di Bandung, Rabu.

Ia menuturkan pembangunan masjid monumental bagi Pemprov Jawa Barat yang berdiri di atas Danau Gedebage tersebut akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Wali Kota Bandung selaku supervisi pembangunannya.

"Kita dari Pemprov Jabar bertanggung jawab untuk membebaskan lahannya dan untuk desainya itu keahlian Pak Wali Kota Bandung," katanya.

Menurut dia, saat ini pembebasan lahan untuk Danau Buatan tersebut sudah mencapai lima hektare dari total kebutuhan lahan sekitar 10 hektare.

"Untuk penganggaran kita sudah anggaran lagi sehingga di tahun 2016 tanah yang diharapkan oleh Kemen PU Pera untuk danau tersebut bisa kita tuntaskan," ujarnya.

Adapun anggaran yang sudah dikucurkan untuk pembebasan lahan Danau Terapung Gedebage pada tahun 2015, kata Iwa, sebesar Rp120 miliar. "Nanti ditahun 2016 ini dianggarkan lagi Rp75 miliar jadi hampir Rp200 miliar untuk pembebasan lahannya," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil akan memberi catatan dan masukan desainnya pada kementerian supaya pemerintah pusat bisa memasukkan anggaran konstruksi danau tersebut pada tahun ini.

"Konstruksi mesjid itu DED-nya lagi dibuat. Konstruksi mulai tahun ini, struktur ya," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil menambahkan Danau Buatan Gedebage tersebut akan memiliki tiga fungsi, yakni sebagai tempat cadangan air minum, mencegah banjir dan fungsi sosial seperti menjadi tempat wisata.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016