Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap rekomendasi pembentukan Kampung Asia Afrika seperti yang diamanatkan dalam rekomendasi Konferensi Asia Afrika 2015 bisa segera terealisasi seiring pengembangan Kawasan Baru Walini.

Harapan Gubernur Jabar yang akrab disapa Aher tersebut diutarakan kepada Presiden Joko Widodo saat ia memberikan sambutan pada acara "Groundbreaking Proyek Kereta Cepat serta Pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung", di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Kabupaten Bandung Barat, Kamis.

"Ini saya hanya mengingatkan bahwa ada rekomendasi untuk Kampung Asia Afrika tahun 2005 silam, kata dia.

Menurut dia, konsep dasar pembangunan Kampung Asia Afrika sudah ada sejak 11 tahun lalu.

"Mungkin nanti bisa dijadikan juga tempat wisata. Lokasi pastinya belum bisa dipastikan di mana namun amanatnya memang dibangun di Walini ini," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan Kampung Asia Afrika ini akan menjadi daya tarik bagi warga di benua Asia dan Afrika untuk datang ke Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) Hanggoro Budi menambahkan kemungkinan untuk membangunan Kampung Asia Afrika di lokasi Perkebunan Walini sangat besar.

"(Kampung Asia Afrika) ini bisa saja nanti disatukan dengan konsep pengembangan Kota Baru Walini," kata Hanggoro.

Menurut dia, nantinya Walini akan menjadi sebuah kawasan ekonomi baru seiring dengan dibangun "Transit Oriented Development" (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kawasan tersebut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016