Jakarta (ANTARA News) - Fraksi PDI Perjuangan mengajukan empat orang anggotanya mengisi posisi pimpinan di Alat Kelengkapan Dewan seperti Komisi I, Komisi X, Badan Badan Legislasi, dan Badan Kerjasama Antar Parlemen.

"Ada empat AKD yang belum terisi dan akan diselesaikan di kepemimpinan Pak Ade Komaruddin," kata Wakil Ketua Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno di Gedung Nusantara I, Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, pengisian kader PDIP di empat AKD itu merupakan kesepakatan yang sudah diputuskan antar fraksi pada 17 November 2014.

Menurut dia, pengisian tersebut sempat terkatung-katung karena berdasarkan kesepakatan, untuk mengisi AKD harus ada fraksi yang menarik anggotanya di pimpinan.

"Kesepakatan itu kurang tersosialisasi, untuk isi AKD harus ada fraksi yang menarik anggotanya di pimpinan dalam hal ini Demokrat harus narik di Baleg dan PAN di BKSAP," ujarnya.

Hendrawan mengatakan surat pengisian pimpinan AKD itu tinggal menunggu pelantikan oleh Pimpinan DPR.

Surat pengisian empat kader PDIP itu bernomor 23/F-PDIP/DPR-RI/I/2016 disebutkan menindak lanjuti kesepakatan Rapat Konsultasi Pimpinan DPR dengan Pimpinan Fraksi-Fraksi pada tanggal 17 November 2014 tentang alokasi pimpinan komisi-komisi dan badan-badan DPR yang hingga kini baru terealisasi sebagian.

FPDIP mengajukan TB Hasanuddin sebagai Wakil Ketua Komisi I, Utut Adianto sebagai Wakil Ketua Komisi X, Arif Wibowo sebagai Wakil Ketua Baleg, dan Juliari P. Batubara sebagai Wakil Ketua BKSAP.

Surat itu ditanda tangani oleh Sekretaris FPDIP Bambang Wuryanto per tanggal 26 Januari 2016.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016