Aden, Yaman (ANTARA News) - Pesawat tempur koalisi Arab, pimpinan Arab Saudi, melancarkan serangan udara menghantam satu pasar di bagian timur-laut Ibu Kota Yaman, Sana,a, Sabtu (27/2), dan menewaskan 45 warga sipil, kata warga kepada Xinhua.

Salah seorang warga di Sanaa mengatakan melalui telepon, "Beberapa serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi menghantam orang yang berkumpul di pasar yang padat pengunjung di distrik Nehm, Provinsi Sanaa, dan menewaskan sebanyak 45 warga sipil. Sementara itu, 50 orang lagi cedera di lokasi."

Beberapa saksi mata mengkonfirmasi kepada Xinhua, "Pemboman udara tersebut pertama ditujukan ke pasar terkenal di Nehm kemudian kembali untuk menyerang petugas pertolongan dalam dua serangan udara."

Sementara itu, stasiun televisi yang berafiliasi pada milisi Al-Houthi, Masirah, melaporkan, "Lebih dari 25 orang tewas dan hampir 20 orang lagi cedera selama serangan udara oleh koalisi pimpinan Arab Saudi di Pasar Nehm."

Bentrokan sengit bersenjata masih berkecamuk antara pasukan pro-pemerintah dan petempur milisi Syiah, Al-Houthi, di Nehm dan daerah lain yang berada pada posisi lebih tinggi dari Sanaa.

Pasukan Pemerintah Yaman, yang didukung Arab Saudi, telah bergerak maju sejauh 50 kilometer dari Sanaa pada awal Februari, setelah merebut kembali pos militer di Nehm dan pegunungannya, yang berada di atas Ibu Kota Yaman, yang dikuasai gerilyawan dari arah timur-laut.

Gerakan maju tersebut, yang didukung oleh pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi, berjalan sangat lamban akibat ranjau darat yang dipasang gerilyawan di jalan menuju Sanaa.

Koalisi pimpinan Arab Saudi memulai pemboman udara setiap hari terhadap gerilyawan Al-Houthi dan pasukan sekutu mereka sejak Maret 2015, dan berikrar akan mengusir gerilyawan Syiah serta merebut kembali Sanaa.

Lebih dari 6.000 orang telah tewas dalam pertempuran darat dan serangan udara, separuh dari mereka adalah warga sipil.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016