Jakarta (ANTARA News) - Branding pariwisata Wonderful Indonesia sukses meraih penghargaan "Pays dHonneur" dalam pameran pariwisata Salon International du Tourisme de Nantes di Kota Nantes, Prancis, pada 26-28 Februari 2016.

"Kami terpilih jadi negara tamu dengan branding Wonderful Indonesia paling komprehensif. Jadi pays dhonneur di International du Tourisme de Nantes pun memberikan special award kepada taktik berpromosi menancapkan branding di seluruh pusat keramaian di Kota Nantes, Prancis Barat," kata Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Nia Niscaya, di Jakarta, Kamis.

Menurut Nia, pengunjung yang mampir ke Paviliun Wonderful Indonesia dari 40.000 orang pengunjung pameran itu sangat antusias dan ingin tahu soal pariwisata Indonesia.

Pihaknya memantau sebagian besar pengunjung stand Indonesia adalah keluarga, pasangan usia pensiun, dan mahasiswa pendidikan pariwisata.

Menurut statistik nasional Prancis, INSEE, penduduk di pantai barat (provinsi Bretagne dengan ibukota Rennes dan Pays de la Loire dengan ibukota Nantes) termasuk provinsi dengan pendapatan per kapita tertinggi di Prancis.

"Penduduknya selalu meluangkan waktu untuk kegiatan liburan atau berwisata ke luar negeri," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya kemudian menyadari potensi besar tersebut sehingga menggandeng Kedutaan Besar RI untuk Prancis untuk turut serta terlibat dalam promosi Wonderful Indonesia.

Pihaknya membawa serta perwakilan dari industri pariwisata seperti Garuda Holiday France, Azimuth Travel, Kampoeng Kita, Melati Putih Hijau, Eka Voyages, dan Don Biyu Munduk.

Pengunjung yang datang umumnya mencari informasi mengenai Indonesia dengan touchscreen interaktif yang menjelaskan berbagai destinasi unggulan. Ada juga pengunjung yang berfoto pada photobooth corner dengan 12 pilihan pemandangan alam Indonesia. Di Pavilion Indonesia, pengunjung juga bisa menikmati penampilan misi kesenian Indonesia yang menampilkan tarian dari berbagai daerah, kata Nia.

Pada 2015, jumlah wisatawan Prancis yang berlibur ke Indonesia mencapai 200 ribu wisatawan.

Jumlah kunjungan itu diyakini bisa melonjak hingga 250 ribu orang seiring dengan gencarnya promosi yang dilakukan di Prancis.

Setidaknya ada 10 destinasi prioritas di Indonesia yang dipromosikan ke masyarakat Nantes, Prancis, meliputi Bali, Jakarta, Batam, Medan, Makassar, Yogya-Solo-Semarang, Bunaken-Wakatobi-Raja Ampat, Lombok, Bandung, dan Banyuwangi yang diperkenalkan melalui brosur, flyer, dan video.

Paviliun Indonesia juga mengelar acara "Indonesian Night" yang dihadiri Duta Besar RI Hotmangaradja Pandjaitan.

"Seluruh tamu yang hadir bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat," katanya.

Daya tarik lainnya, peserta pameran juga berkesempatan memenangkan dua paket perjalanan ke Indonesia dengan mengikuti penarikan undian berhadiah yang disponsori Kementerian Pariwisata.

Selain itu KBRI Prancis dan Garuda Indonesia Holiday France dan Qatar Airways mengadakan undian berhadiah paket perjalanan ke Indonesia untuk dua orang.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016