Saya ke sini hanya ingin memastikan bahwa (proyek) sudah mulai lagi, dan ternyata betul November sudah mulai lagi
Balikpapan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda rampung pada 2018.

"Diharapkan seluruhnya Insya Allah akan selesai pada 2018," kata Presiden Jokowi saat meninjau proyek pembangunan jalan tol Seksi V Balikpapan-Samarinda yang terletak di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kamis.

Ia mengatakan, proyek pembangunan jalan tol pertama di Kalimantan itu sebetulnya sudah dimulai sejak 2010, tapi terhenti.

Presiden Jokowi pun memaksa Gubernur Kaltim agar proyek dimulai lagi. "Saya paksa dengan Pak Gub untuk dimulai lagi kemarin pada November 2015," ucapnya.

Saat ini kira-kira ruas sepanjang 27 km sedang dikerjakan dengan didanai oleh APBD dan APBN, sementara sisanya diserahkan kepada investor yang mau berinvestasi.

Sejumlah ruas, misalnya, ada yang ditargetkan rampung pada April tahun depan.

"Pembebasan lahan selesai 85 persen jadi kurang sedikit, tapi kita ini bekerja sambil berkejar-kejaran, pembebasan berkejaran dengan konstruksi," tuturnya.

Presiden berkunjung ke lokasi tersebut untuk memastikan bahwa proyek telah dimulai lagi pengerjaannya.

"Saya ke sini hanya ingin memastikan bahwa (proyek) sudah mulai lagi, dan ternyata betul November sudah mulai lagi," ujarnya.

Presiden mendapat laporan bahwa konstruksi sudah selesai sepanjang 7,6 km dan total investasi nantinya kurang lebih Rp13 triliun.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016