Kendari (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Kendari, Sulawesi mengeluarkan peringatan dini untuk tujuh wilayah kabupaten kota di Sultra yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai guntur dan angin kencang.

Ke tujuh wilayah kabupaten kota yang berpotensi hujan lebat adalah Kabupaten Kolaka, Bombana, Konawe Selatan, Muna, Wakatobi, Kota Baubau dan Kota Kendari, kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Aris Yunatas, melalui rilis yang di terima Antara di Kendari, Senin.

"Potensi hujan lebat disertai guntur dan angin kencang terjadi mulai pukul 15.30 Wita hingga malam hari," katanya.

Ia mengatakan, peringatan dini terhadap sejumlah daerah di Sultra itu juga, berpotensi terjadi di sejumlah daerah pesisir, sehingga bagi pengguna jasa transportasi laut agar lebih berhati-hati dan selalui berkonsultasi dengan pihak petugas pelabuhan setempat,

Sementara 10 kabupaten lain yakni, Konawe, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna Barat, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan, juga berawan dan sebagian lainnya hujan ringan.

Di Sawerigading Kabupaten Muna Barat dan Langara Konawe Kepulauan pada pagi sekitar pukul 06.30 Wita hingga siang pukul 13.50 Wita diperkirakan hujan ringan namun pada sore hari kembali cerah dan berawan.

Begitu pula dengan kabupaten lain, pada siang sekitar pukul 10.00 Wita hingga 13.30 Wita mengalami berawan tebal hingga sebagain hujan ringan dan setelah itu kembali normal dan berawan tebal.

Pewarta: Azis Senong
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016