Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengkritisi minimnya fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Dekat wilayah ini kan Malaysia sehingga kalau tidak ada yang mengobati masyarakat Kapuas Hulu maka mereka akan berobat ke negara tetangga sehingga uang terserap ke Malaysia," katanya saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Diponegoro di Kapuas Hulu, Kamis.

Ia mengatakan RSUD Achmad Diponegoro tipe C, serta masih kekurangan dokter bedah dan perawat.

Sebagai kabupaten yang penduduknya 200 ribu lebih, ia mengatakan, Kapuas Hulu seharusnya memiliki rumah sakit tipe B dengan fasilitas pendukung memadai.

"Saya akan sampaikan ke Menteri Kesehatan, yang pertama membangun fasilitas rumah sakit yang lebih memadai," ujarnya.

Ia mengatakan jika pemerintah tidak segera turun tangan, maka pasien-pasien akan lebih memilih datang ke rumah sakit dengan fasilitas lebih lengkap di daerah perbatasan Serawak, Malaysia.

Osman meminta pemerintah daerah dan pemerintah pusat segera memperbaiki fasilitas kesehatan di perbatasan.

"Ini kan Serawak dekat, nanti kalau pikiran kita enggak bangun ini dan orang-orang ini akan lari ke rumah sakit perbatasan, jadi mesti di dorong pemeritah daerah maupun pusat harus memikirkan ini," katanya.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016