Mexico City (ANTARA News) - Meksiko menjatuhkan hukuman penjara hingga 29 tahun kepada 10 pejabat pemerintah atas kebakaran yang menewaskan 49 anak di sebuah tempat penitipan anak pada 2009, ungkap sumber pengadilan pada Sabtu (14/05).

Hukuman tersebut berkisar dari 20 hingga 29 tahun dan dijatuhkan karena pembunuhan yang disebabkan oleh kelalaian, ungkap pengadilan negero Sonora.

Kebakaran menyebar ke pusat penitipan anak ABC ketika 141 anak berada di dalamnya, menewaskan 49 orang di antaranya, dan melukai 70 orang lainnya. Tempat tersebut dikelola oleh otoritas Lembaga Keamanan Sosial Meksiko.

Otoritas lokal mengatakan bahwa insiden tersebut merupakan tragedi yang sangat tragis.

Penyelidikan resmi menyimpulkan bahwa kebakaran bermula ketika pendingin ruangan (AC) memanas di dalam gudang kerta yang berada di dekatnya di Hermosillo, ibu kota negara bagian Sonora barat laut.

Namun, setelah para orang tua korban menemukan beberapa potongan bukti yang bertentangan, keluarga tersebut menduga bahwa kebakaran tersebut sengaja dilakukan.

Mereka mengatakan bahwa kebakaran itu sengaja dibuat di gudang yang disewa kementerian keuangan pemerintah negara bagian Sonora dalam rangka menghanguskan dokumen terkait utang negara senilai 800 juta dolar Amerika (sekitar Rp10,6 triliun), demikian AFP

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016