Target di Montreal adalah memperoleh poin. Semakin terdepan posisi, semakin besar poin yang diperoleh."
London (ANTARA News) - KBRI Ottawa mengadakan acara "Meet and Greet" antara Rio Haryanto, pebalap Formula 1, dan masyarakat serta diaspora Indonesia di Kanada yanng dibuka langsung Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah.

Pensosbud KBRI Otawa, Andy Aron kepada Antara London, Kamis, mengatakan acara "Meet and Greet" dengan Rio dihadiri setidaknya 100 warga negara Indonesia yang tinggal menetap di Montreal dan Ottawa.

Dalam sambutan pembukanya, selain mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang telah ditorehkan Rio Haryanto selama berkompetisi di ajang balap dunia, Dubes Dr. Teuku Faizasyah juga mengungkapkan harapannya agar Rio dapat mencapai prestasi yang maksimal demi kejayaan bangsa. Kami bersyukur Rio mampu membuktikan bahwa Indonesia mampu berkompetisi di ajang kejuaraan dunia balap Formula 1. Rio tidak hanya muncul sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia, juga mewakili Asia, dari total 23 pebalap dunia yang memiliki kesempatan berlaga di kompetisi ini.

Untuk ini, kami terus mendukung Rio agar terus bersemangat, dan mengiringi Rio dengan doa dan harapan agar Rio mampu menorehkan prestasi yang maksimal demi Indonesia, demikian Dubes Teuku Faizasyah.

Sementara itu Rio mengaku terharu atas sambutan hangat dan penerimaan yang diberikan KBRI Ottawa dan warga Indonesia terhadap dirinya sejak tiba di Montreal tanggal 4 Juli yang lalu.Rio mengaku semangatnya kian menggelora untuk berkompetisi agar dapat memenuhi harapan seluruh rakyat Indonesia.

"Kehadiran KBRI dan seluruh warga negara Indonesia di luar negeri memiliki arti khusus bagi saya. Saya kian semangat, dan rasa nasionalisme terus menggelora. Pebalap negara lain belum tentu memperoleh sambutan yang luar biasa seperti yang saya terima saat ini. Saya bangga memiliki kesempatan untuk dapat mengharumkan nama bangsa, dan saya akan terus memberikan yang terbaik demi Indonesia," ujar Rio.

Rio pun menggunakan kesempatan ini untuk menceritakan sejarah perjalanan hidup dan upayanya untuk dapat berkompetisi di ajang F1.Dalam sesi tanya jawab, Rio dengan telaten menjawab pertanyaan warga yang membanjirinya. Mulai dari pertanyaan sirkuit favorit, cara mengatasi adrenalin rush ketika balapan, serta target yang ingin diraih di Sirkuit Gilles Villeneuve. "Target di Montreal adalah memperoleh poin. Semakin terdepan posisi, semakin besar poin yang diperoleh," aku Rio.

Acara diakhiri dengan doa serta buka puasa bersama.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016